2/11/2015

Awas Bahaya! Jangan Suka Pajang Foto Anak di Media Sosial


Awas Bahaya! Jangan Suka Pajang Foto Anak di Media Sosial : Maraknya tren menggunggah foto anak di media sosial, termasuk Facebook, Twitter dan Instagram, ternyata menyimpan bahaya tersendiri. Yang lebih membahayakan, terkadang foto tersebut dibarengi informasi mendetail yang bisa disalahgunakan.


media sosial

Bila sebagian orangtua merasa bangga akan anaknya, dan salah satu caranya adalah berbagi momen bahagia dengan teman dan keluarga di media sosial. Sebagian lainnya, justru khawatir akan komplikasi yang ditimbulkan. Studi yang dilakukan University of Maryland menyebutkan kekhawatiran tersebut beralasan. Informasi yang tersebar dengan bebas di media sosial, terbukti berpengaruh signifikan terhadap tingginya angka penculikan anak di Amerika Serikat.

“Media sosial dan mesin pencari internet merupakan sumber informasi yang kaya bagi penculik dan mereka yang berniat jahat terhadap keluarga Anda,” kata Josh Furman, kandidat doktorat di University of Maryland. 

“Mereka bisa dengan mudah menyaring jenis kelamin, usia, dan karakter fisik guna mencari target spesifik,” jelas Furman.

Hasil penelitian Furman ternyata didukung banyak orangtua yang khawatir terhadap mudahnya penculikan terjadi.

“Saya selalu tidak nyaman dengan orang yang secara bebas mengunggah segala sesuatu tentang keluarga mereka, mulai foto anak hingga alamat rumah,” terang Sonia Rao, ibu rumah tangga di Mountain View, California. 

Rao menjelaskan, ketakutannya berkaitan dengan informasi personal yang kemungkinan bisa disalahgunakan oleh perusahaan penerbit media sosial tersebut. “Mereka memiliki data pribadi Anda, mereka bisa melakukan apa saja, termasuk menjual data tersebut pada pihak ketiga,” sambungnya. 

Pendapat serupa diserukan Scott Steinberg dari St Louis. Dengan teman di jejaring sosial Facebook lebih dari 4800 orang, Steinberg mengutamakan privasi atas data pribadinya. 

“Saya tidak berbagi foto, video, atau informasi apa pun mengenai anak saya,” katanya, dilansir Daily Mail. 

Menurut Steinberg, kerahasiaan itu akan membuat anaknya lepas dari ketertarikan predator di dunia maya. “Mereka tidak akan mudah dikenali, jika berada di jalan karena foto mereka tidak ada di internet,” sambung Steinberg.

No comments: